h1

Session 01: writing for animation

29/03/2009

PENULISAN NASKAH NON BERITA TV

dosen: Siti Nur Aisyiyah, SSn

 

Translate

Writing ANIMATION


TUGAS INDIVIDU

Hermawan Saputra [441-0511-0016]

B R O A D C A S T I N G

UMB_logo

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS MERCU BUANA

JAKARTA  2009 


MENULIS NASKAH ANIMASI

Kekuatan media animasi sangat besar lebih dari yang kita bayangkan. Animasi digunakan tidak hanya untuk pemirsa gambar bergerak, iklan, dan acara anak-anak sabtu pagi, tetapi juga digunakan untuk kegiatan medis, fisika, aritmatika, sejarah, penggambaran proses mekanis dan kimiawi. Media animasi juga berguna untuk menggambarkan ide abstrak dan sering juga digunakan dalam (penyiaran) film-film selama PD II.  

Apa yang tidak dapat dilakukan animasi.

Seorang penulis animasi harus dapat berfikir dalam bentuk grafis. Namun ada animasi memiliki beberapa keterbatasan. Animasi hanya terbatas oleh imaginasi penulisnya, akting dalam film animasi masih pada tahap yang kasar. Tidak ada Oliver atau Chaplin dalam kartun karakter kita, karena akting yang dihasilkan dari penulisan animasi oleh animator tidak sempurna. Akting yang baik tidak pernah mungkin untuk diterapkan pada media animasi ini. Bagian yang memancing empati pada film Snow White (putri salju) adalah ketika tiga kurcaci berdiri mengelilingi peti mati Putri Salju. Film ini dibuat pada tahun 1937, dan tidak ada bagian dari animasi ini yang benar-benar mendekati kenyataan.
Pendapat saya, animasi terbaik adalah ketika animasi tersebut dibuat secara karikatur, tidak mencontoh, dan tidak berdasarkan kehidupan nyata. Saya percaya bahwa animasi memiliki keterbatasan dalam penggambaran hewan dan manusia.
Animator dapat menerapkan interpretasinya pada kerakter yang ia buat, hal ini merupakan tujuan artistik pribadi.

Berkata jujur pada karakter
Tidak mengindahan film pendidikan dan katergori lainnya, dan berfokus pada animasi hiburan ketika bekerja membentuk karakter agar kepribadian karakter tersebut dikenal publik menjadi wajib untuk menggabungkan struktur karakter.
Sebagai contoh, berdasarkan film-film Chuck Jones, ada definisi peraturan sederhana dalam filmnya yaitu serial Road Runer. Rubah tidak pernah dapat melukai Road Runner; Rubah selalu berusaha untuk menangkap Road Runner yang melewatinya, namun hal ini tidak pernah dapat terjadi.
Pluto tidak mendapatkan kecerdasan seperti anjing-anjing lainnya, dan Mr. Magoo, bintang terdekat di UPA tidak pernah melihat apapun secara jelas, tidak perduli seberapa besarnya itu.
Jadi jika kepercayaan pada karakter-karakter tersebut adalah satu dari komponen jalan cerita kita, Perlu untuk untuk menggabungkan mereka pada beberapa bagian struktur emosional, sebaik mendefinisikan penampilan fisik. Jika tidak mengikuti aturan ini, film animasi akan menjadi sampah.

Kebangkitan penulis kartun
Pada awal pembuatan animasi komersial, dialog cerita dilakukan setelah bekerja dalam suasana yang dekat dengan rokok murah, asap rokok, dan botol-botol whiskey. Setelah beberapa jam perbincangan para animator menggabungkan serial yang dikemas secara kasar dan untuk beberapa tujuan tersebut, hal ini cukup untuk menjadi sebuah cerita. Tidak ada keinginan untuk menggambarkan ide-ide lainnya. Percakapan cerita hanya pada tingkatan verbal. Tidak seperti jika ada penulis profesional. Para animator akan menciptakan cerita mereka sendiri.
Tiap animator membuat sebagian dari cerita, dengan memahami bahwa ia memulai bagiannya berdasarkan melihat bagian sebelum dan sesudahnya.
Tidak sampai awal tahun 1930 Disney, Fleisher dan Iwerks menggabungkan beberapa grup animator untuk menulis cerita dan menciptakan kartun dalam beberapa bagian yaitu awal, tengah dan akhir, daripada berdasarkan garis/alur tujuan.

Penggambaran naskah Storyboard
Naskah menuliskan gaya bergerak yang nyata, namun hal ini menciptakan masalah. Sebagai contoh, ketika herus menggambarkan karakter dalam bagian yang lucu, kadang deskripsi penulis menjadi tidak lucu ketika digambarkan dalam animasi.
Sehingga para pembuat cerita mulai untuk menggambar lebih banyak sketsa yang hampir menggambarkan seluruh bagian cerita. Hal ini bertujuan agar cerita dapat dengan mudah terlihat dan dipahami bila pada saat presentasi.
Penulisan deskripsi cerita dan instruksi kamera seperti Fade in (tajam), fade out (blur), atau dissolve memisah diminimumkan karena sudah dapat dimengerti dan dilihat pada gambar-gambar tersebut. Jika ada ide yang tidak dapat digambarkan secara grafis dapat dilewatkan; hal ini jauh lebih murah daripada menunggu sampai menjadi animasi yang gagal.
Walaupun ada beberapa tujuan bisnis seperti ingin mendapatkan perhatian klien, tidak perlu menggambarkan latarbelakang ”background” pada tiap sketsa. Jika sudah ditujui barulah disarankan untuk menggambar backgroundnya, menentukan warnanya dan membuat sketsa karakternya dengan lebih halus.

Dua jenis cerita
Pertanyaan seharga $64.000 adalah: Dimana dan bagaimana kau memulai untuk menciptakan cerita? Ada dua jenis cerita: satunya mempunyai awal, isi, dan akhir cerita, dan yang satunya lagi adalah cerita seperti Road Runner yang memiliki tujuan cerita yang jelas dan selalu sama.
Beberapa penulis mengkhususkan dalam penulisan tujuan, yang lainya berkosentrasi pada pada situasi yang menggabungkan humor. Tema cerita dapat diperoleh pada kejadian sehari-hari yang terjadi disekitar kita. Jika Anda ingin menjadi penulis, mulailah berfikir sebagai penulis, mulailah melihat sesuatu lebih dari apa yang kita lihat.

Mengembangkan cerita Anda
Jarang ada ide cerita muncul tiba-tiba. Biasanya cerita dimulai dengan beberapa bagian yang dibuat secara lebih spesifik, seperti cerita Fatty yang bekerja sebagai pembersih jam. Lalu bagian-bagian yang menunjang cerita mulai menentukan jalan cerita yang memungkinkan. Fatty pergi mengambil lap dan seterusnya… dan seterusnya. Bagaimana dengan jamnya? Apakah tangan Fatty bergerak? Apakah jam itu bisa berdering? dll.

Latihan: Menulis sebuah cerita
Gambarkan dan tulis cerita drama berdurasi lima menit. Dimulai dengan sebuah permulaan. Saya harus membuat karakter utama dan karakter pendukung, lalu gabungkan dalam sebuah cerita. Jangan memulai hingga anda dapat membayangkan akhir ceritanya. Anda dapat mengganti akhir ceritanya nanti, namun saya menginginkan anda dapat menulis sebuah ide cerita dalam sebanyak-banyaknya tiga kalimat. Jangan memikirkan apa akhir ceritanya sehingga anda dapat terus menulis isi cerita karena hal ini lebih menyenangkan daripada memikirkan akhir ceritanya.
Anda harus disiplin dan sering melakukan riset. Berfikirlah secara grafis, tidak ada penulis yang tidak dapat menggambar. Penulis yang berusaha menggambar gambar yang buruk jauh lebih baik daripada mereka yang tidak menggambar sama sekali.
Bagaimana semua ide ini muncul? Berfikir keras adalah pemacu otak kiri agar bekerja. Ketika cerita anda sudah selesai yang anda harus lakukan adalah memakai otak kanan anada dan bertindak sebagai penonton dan nilailah cerita anda.

Perlindungan resmi bagi hasil karya Anda
Cerita yang anda buat harus melewati banyak orang sebelum anda mendapatkan kontrak. Bagaimana anda melindunginya? Tidak perlu lagi datang keperusahaan hak cipta.
Yang perlu anda lakukan adalah membuat duplikatnya dan mengirimkannya pada alamat anda yang terdaftar, jangan dibuka sampai waktu anda dapat membuktikan bahwa andalah yang membuat naskah tersebut. Cara lain adalah mendaftarkan naskah anda pada Writers Guild of America.

Menjual cerita Anda: Agen
Ide yang tidak mungkin langsung mengirimkan naskah anda pada klien. CDarilah seorang agen: seorang agen adalah penghubung professional. Cobalah untuk mendapatkan seorang agen Hollywood atau Beverly Hills, mereka akan menjual karya anda setiap saat. Tidak masalah jika anda berada dimana pun, karena bukan anda yang menjualnya sendiri.
Agen lebih dari seorang penjual, mereka juga pemberi saran. Ingatkah bahwa agen memiliki kunci pasar. Jika agen anda menyarankan perbaikan pada hasil karya anda, simaklah, terimalah nasihatnya, walau pun anda jauh lebih menyukai hasil pemikiran anda sendiri. Anda harus lebih bijaksana.
Terbiasalah dengan kenyataan bahwa anda harus membuat perbaikan dalah pekerjaan anda, karena hal ini wajar dalam bisnis penulisan cerita.
Sangat penting untuk memiliki beberapa agen pada saat yang sama. Tulislah resume yang melatarbelakangi diri anda menjadi seorang penulis. Termasuk bila anda pernah mendapatkan penghargaan ketika masih bersekolah. Siapkan materi yang ingin anda perlihatkan, secara komplit ataupun tidak, dan mintalah agenh anda membuat formulir untuk anda tandatangani disertakan bersama materi yang anda ingin tampilkan. Pastikan materi anda bersih, rapi, dan terlihat profesional. Kirimkan tidak dengan dilipat atau digulung. Taruhlah naskah anda dalam map atau amplop dan jangan distraples atau dijilid permanenJika anda tidak mendapatkan agen, ingat lah juga bahwa banyak studio yang tidak eslalu mencari naskah dari jalurnya, yaitu seorang agen yang terdaftar.Tentu saja jika anda berada di Hollywood anda bisa mendatangi Hanna-Barbera atau studio lainya, dan berusaha membuat perjanjian. Namun hal ini memerlukan jalan yang panjang.
Perlu diingat bahwa setiap agen selalu mencari bakat-bakat baru untuk meningkatkan pendapatannya. Jika anda ditolak beberapa kali, ini menandakan pendapat penjualan dari bisnis bahwa anda tidak menguntungkan. Lebih baik berhenti dan mengasah kembali bakat anda.

Perkumpulan penulis
Jika anda menjual naskah televisi, film, alur cerita, atau telah tiga belas minggu menandatangani kontrak perkumpulan penulis, anda harus mendaftar untuk bergabung dengan perkumpulan. Namun tidak cukup hanya mendaftar, anda juga harus memenuhi kualifikasi yang ditentukan.

Jika Anda bukan seorang penulis
Sejauh ini semua bab adalah mengenai tentang orang yang ingin menjadi seorang penulis profesional. Bagaimana dengan orang yang lain? Banyak dari direktur terbaik juga dapat membuat animasi dengan baik, mereka dapat membuat film, menggambar background, atau menulis keseluruhan naskah secara individu.
Beberapa orang dapat melakukan semua ini. Lebih banyak anda peduli dengan pekerjaan orang lain, anda akan jauh lebih baik. Jadi walaupun tujuan anda adalah seorang pencipta karakter atau apapun, tetaplah berusaha membuat naskah pendek, dan jangan melupakan storyboard.
Bagi seorang penulis yang prospektif, satu-satunya solusi untuk masalah anda adalah menulis, menulis, dan terus menulis.

Keprofesionalan
Anak muda yang mulai memikirkan karir yang menyita waktu penuh. Saya menyadari bahwa lima belas jam seminggu sangat kurang untuk mempersiapkan pekerjaan di sebuah studio animasi. Memerlukan energi baik secara mental dan fisik.
Kadang ketika saya menginterview orang, saya bertanya seberapa banyak pengetahuan yang anda peroleh secara formal? Menabjubkan mereka menjawab tidak ada, merekan menjawab bahwa pengetahuan mereka dapatkan dari pengalaman pada saat mereka bekerja. Intinya, tidak cukup hanya memiliki bakat, namun kita juga harus sering berlatih. Anda harus mencari informasi tentang hal-hal yang tidak anda ketahui.
Ada juga energy fisik yang perlu di sadari. Apakah anda memelihara keingintahuan interektual anda? Apakah anda gembira bila anda menemukan informasi tetang sesuatu yang anda tidak ketahui? Apakah anda takut jika anda tidak mengetahui? Apakah anda dapat mengikuti fim panjang ini dengan antusias?

Latihan: Iklan Televisi
Kembali kepenulisan iklan televisi. Pelajarilah iklan koran dan majalah. Tentukan keunggulan produk. Selama dua puluh detik anda memang belum dapat menentukan mendemmonstrsikan produk. Gunakan satu atau lebih dari tiga karakter.
Anda akan terkejut bagaimana sepuluh detik setelahnya akan membuat perubahan pada cerita anda. Sekarang anda dapat menambahkan pesan yang tidak secara langsung menjual.
Setelah aksi dan dialog selama dua puluh dan tiga puluh menit, saatnya akting yang lebih lengkap. Namun jgn lupakan bahwa tujuan pembuatan iklan televisi ini adalah untuk menjual, jadi jangan abaikan produk yang ingin dijual. Buatlah pemirsa untuk menerka apa yang ingin dijual.
Walaupun bisa memasukan latar belakang suara, namun menampilkan karakter yang menyampaikan pesan secara langsung jauh lebih memiliki pengaruh. Menampilkan lebih dari satu karakter yang menyampaikan pesan jauh lebih membuat iklan televisi jadi lebih berwarna.
Bicara tentang warna, tambahkan warna pada gambar anada, baik krayon maupun spidol. Gambar harus mudah dipahami, dan tidak perlu memberikan warna yang memusingkan. Jangan juga menggunakan cat air, karena dapat membuat kertas jadi keriting. Banyak iklan televisi didesain bergerak dengan cepat. Lima belas bagian dalam satu menit itu biasa. Tidak seperti film yang dibuat untuk layar teater, acara tv khusus, dan iklan harus menggunakan pengambilan gambar dari jauh. Ukuran kecil layar bisa membuat hasil jadi buruk. Bagian pengambilan gambar kadang telihat jelek, namun di layar besar teater, pengambilan gambar dari jauh kadang memberikan perasaan dan pandangan yang luas.

Cerita dibuat perbagian
Setiap bagian harus memiliki nilai lebih, sesuatu yang lucu harus harus dimasukan baik dalam dialog atau gambar untuk menarik penonton. Ingat, anda berhubungan dengan aktor, bukan hanya sebuah gambar atau bentuk yang bergerak sepanjang jalan cerita. Contoh: cerita si Fatty. Karakter-karakter melakukan gerakan untuk tujuan yang jelas di setiap bagian.

Membuat Penyimpanan animasi
Setiap orang yang ada di bisnis animasi harus berlatih merekam kartun-kartun animasi gan mengumpulkan gambar-gambar yang didapat dari siaran. Saya bangun jam enam pagi pada pagi hari untuk merekam serial kartun yang tidak akan diputar lagi pada hari lain.
Apapun tujuan anda, film-film ini penting untuk pendidikan anda, dan hasil karya beberapa penulis, direktor, dan orang desain sangat bernilai.Anda dapat mencontoh hasil karya Paul Julian sebagai desainer latar belakang film Freleng. Tim Hanna dan Barbera yang membuat banyak karya Tom and Jerry yang indah, Bayak Layout dan background dari Disney’s adalah contoh yang bagus dalam pembuatan film, Kinney Brother yang memperkenalkan Goofy, Tiga Animator Disney Babbit, Tytla, dan Ferguson yang mengumah animasi kuno menjadi komedi modern, dan lain-lain. Jangan hanya melihat hasil karya orang-orang ini. Pelajari film-filmnya dengan kritis. Apa yang anda dapat lakukan untuk mengembangkan beberapa aspek dari filmtersebut? Tuliskan pendapat anda pada catatan, atau buatlah sketsa dari ide yang dapat menjadi hasil dari apa yang anda pelajari.

Fritz the Cat oleh Baskshi: Sebuat terobosan
Ralph Bashi adalah seorang pembuat film yang belajar berdasarkan sebuah perasaan negatif. Dalam sebuah profesi yang penuh dengan karakter-karakter berwarna, Hampir semua dipelajari oleh Bakshi secara otodidak. Sebagai seorang anak jalanan New York dengan pendidikan rendah, ia berhasil membuat kartun animasi pertama yang bernilai, “Frit’s the Cat” Frits si kucing.
Ketika mayoritas film sudah didapatkan dari tiga cerita dalam cerita komik independen Robert Crumb’s, Hal ini merupakan interpretasi Bakshi tentang materi yang menyediakan pembuat kejutan. Tak seorang pun dulunya sudah berani berubah pikiran dari ketidakwajaran standarisasi Victoria yang ditetapkan di awal permulaan profesi.
Lebih dari studio lain mana pun, animasi Disney’s adalah sebuah contoh cara Victoria. Tak seorang pun, dari jangkauan imajinasi yang mana pun, bisa memahami perjalanan Putih Salju menuju matahari terbenam dengan Pangerannya dan menggambarkan mereka membuat “monster dengan dua punggung”. Bakshi menentang peraturan ketat orang Victoria. Tema seksualnya mentah, tidak terpoles, dan santai seperti syair cepat di ruang belakang tempat billyard Brownsville. Sewaktu gambar bergerak, sudah terlihat menjadi sebuah otobiografi, dan setiap dialog Bakshi membentuk rasa haru. Walau pun tahap gambar tersebut baru sebuah permulaan.
Aspek negatif selalu menyelimuti setiap aspek pembuatan film. Bakshi tidak mengindahkan kesinambungan atau laju, oleh sebab itu ada celah lubang besar di garis ceritanya dan di permulaan pergerakan gambar. Alur dialognya sering dikurangi dan tak terdengar. Susunan rentetan tembakannya dapat membuat Sergei Eisenstein kembali ke kuburnya, seolah-olah dia berada di besi pemanggang.
Kelihatan lama dan sulit. Anda sedang menonton karya seorang laki-laki yang mempunyai pesan tetapi kekurangan alat intelektual untuk menambahnya dalam film. Meskipun demikian, karena kandungannya Fritz si Kucing “Fritz the Cat”, merupakan kembangkit dari sebuah film, dan Ralph Bakshi sudah menempatkan dirinya dalam sejarah animasi.

Sebuah pelajaran untuk Penulis Naskah
Film yang perlu dipelajari karena kesalahannya dalah Raggedy Ann dan Andy, Kartun animasi yang meledak dengan harga $4 Juta.
Penulisnya merasa menjadi korban atas keterpurukan yang disebabkan masyarakat yaitu kartun animasi yang ditulis untuk anak-anak. Saya tidak pernah mengenal grup yang membuat film untuk penerbitan drama yang menulis yang apapun selain film dewasa. Film ini dibuat untuk anak-anak yang akan terpancing untuk membeli boneka Raggedy Ann dan Andy setelah menonton filmnya. Hasinya adalah kegagalan mekanis. Beberapa bagian naskah benar-benar tidak menarik mengalahkan menariknya karakter yang dibuat oleh Johnny Gruelle.Film ini yang melibatkan orang-orang berbakat dan menghabiskan $4 juta dipastikan sukses. Pendapat masyarakat kadn peran direktor untuk mengarahkan oarang-orang berbakatnya lah yang jauh lebih penting. Bingung dengan kritik tersebut, Bakshi dan Eilliam mengubah arah bakatnya pada pekerjaan lain dengan hasil yang lebih baik. Bakshi mengatur agen iklan Marvins, Broadcast , dan pembuatan mainan yang diputar hampir setiap padi . Ia membuat pertunjukan animasi yang disebut Mighty Mouse: The New Adventure. New Mighty Mouse adalah betuk parody dari karakter aslinya.
Saya percaya bahwa pelajaran yang dipelajari oleh dua orang ini adalah jangan pernah menyerah denagan kegagalan, besar atau kecil. Berjuanglah dengan bakatmu.

Kaset dan Film
Sebagai penambahan merekam kartun dari siaran adalah menambah jumlah penjualan kaset yang menampilkan animasi kartun. Walaupun Disney menjual kaset dari beberapa film pentingnya.
Sayangnya film-film untuk bintang muda pada profesi ini tidak mudah diakses. Contohnya adalah film Mystery! Oleh Vincent Price. Film ini dianimasikan oleh Derek Lamb dari rangkaian gambar yang dibuat oleh Edward Gorey dalam gaya Psuedo-Edwardian. Kombinasi dari dua bakat tersebut membuat film ini sederhana namun menjadi hasil karya yang penting.
Sebagi tambahan. Kaset tersebut adalah film selebar 16 mm dan banyak perusahaan yang menyewakannya. Dalam banyak kasus, katalog mereka di khususkan pada beberapa era animasi dan biasanya berkonsentrasi pada drama animasi dati beberapa studio. Bagaimanapun beberapa penyewaan hasil karya pembuat fim independen seharusnya tidak diacuhkan.

Saran Gambar untuk penulisan naskah
Langkah pertama dalam membuat film animasi adalah harus dilakukan bersama-sama dari awal hingga akhir. Hal ini tidak bisa dilakukan tanpa pengetahuan yang luas dari kemungkinan-kemungkinan yang ada. Para penulis harus memberikan beberapa psaran kepada pembuat storyboard., dan antara mereka harus memiliki ide untuk dipresentasikan pada direktor sebelum cerita tersebut diproses lebih jauh.
Jangan terburu-buru menyampaikan tujuan bagian anda. Simpan untuk diri anda sendiri hingga benar-benar menjadi storyboard yang komplit. Mungkin ini adalah nasihat yang aneh. Yang terjadi adalah ketika anda menceritakan bagian dari cerita anda, anda akan mengabiskan energi fisik anda. Bila terus begitu lama kelamaan anda menjadi bosan dengan semua pekerjaan ini. setelah membuat tugas ini anda pasti merasa lelah dalam mencari pujian dari teman dan keluarga anda. Tunggulah saat hingga anda bisa dengan bangga menampilkan hasil karya anda. Lebih baik berdiskusi denagn penulis lain, pembuat storyboard dan direktor. Mereka secara langsung mempengaruhi pekerjaan anda.

Peraturan dan Larangan
Satu-satunya tempat untuk berfikir bebas dalam iklan animasi adalah memperkenalkan film-film baru. Di sisi lain, acara tv spesial, acara sabtu pagi, dan iklan, agen periklanan dan perusahaan jaringan sangat penuh dengan proses kreatif. Jika ada yang berkata bahwa perusahaan periklanan adalah sumber dari kreatifitas, saya hanya bisa mencatatnya, dari awal, radio, contohnya telah diatur oleh agensi. Selama ini tidak satupun penulis terkenal Amerika pada program radio yang muncul di bagiannya.
The Faulkners, The Hemingways, atau The Updike of the airwaves? Percayalah, jika mereka memulai menulis di radio, tidak lama mereka akan pindah. Jika anda ingin menjadi penulis animasi, anda mungkin akan mengalami frustasi bekerja dengan Medison Avenue dan jaringan eksekutif.

Animasi yang mendidik
Sesame street masih menggunakan animasi pada programnya, ini menjdi satu cara bagi pembuat film yang tidak terkenal menjadi dikenal. Pelajarilah program ini hingga anda terbiasa dengan segala ketentuan sebelum membuat storyboard. Mereka tidak dibayar atas sroryboard yang mereka buat. Ada beberapa rumah produksi yang tertarik pada penulis untuk proyek khusus seperti The Learning Company of America, 1350 of Amerika, New York, New York, 10036, yang mungkin akan tertarik terhadap penulis dan memungkinkan bahwa menghasilkan sebuah proyek.
Semenjak pembuat film profesional menyerbu akademisi keagamaan, telah membuka persaingan antara pendidik dan pembuat film sebagai jalan atau cara terbaik menggunakan film sebagai alat bantu mengajar.
Banyak pendidik merasa bahwa belajar itu adalah usaha serius dan tidak boleh dibawakan dengan cara yang santai. Di sisi lain, ada yang keras diantara pembuat film yang ingin membuat proses pendidikan semudah mungkin, sehingga mereka ingin setiap hal di sajikan dalam bentuk entertainment, keduanya salah tentunya.
Studio saya, bekerja secara gabungan dengan Franck Capra’s production organization, memproduksi 3 jam acara spesial televisi untuk Bell Telephone Company di produksi pada akhir 1990an, sebagai akhir laporan mereka sudah menunjukkan ke lebih dari 100 juta sanak – anak sekolah.
Film adalah sup rebus dari animasi, kehidupan, pengambilan gambar. Yang pertama dari film Home The Magnifcent, susunan penjelasan pekerjaan yang dibuat secara dramatis layaknya aliran darah. Hemo, karakter kartun animasi, yang di kerumuni oleh binatang aretinue. Dia dengan penuh ejekan menolak hasil peneliti dan penjelasan bagaimana hati dan ginjal bekerja. Aktornya akhirnya mengatur untuk meyakinkan hemo bahwa tidak semua mereka bodoh.
Alih – alih memberikan tontonan kepada pemirsa dengan seolah membersihkan debu melalui komunikasi masa, ini terdiri dari pertukaran asam antara kehidupan aktor dan Hemo. Mekanisme sebenarnya sulit di jelaskan oleh karakter kartun dengan eksen rusia dan karakter yang tegas. dan di gambarkan secara rapi oleh sekelompok pekerja di bawah arahan guru yang bersuara serak. Yang bahkan anak – anak kecil mampu mengerti bagaimana jantung bekerja setelah satu pemutaran film. Judul Film yang kedua disebut The Strange Case of the Cosmic Rays. Film ini hanya menggunakan teknik Potpoary karena terdiri dari wayang yang dibentuk karikatur oleh Edga Alalan Poe, Charles Dicken, dan Fedor Dostoevski. Mereka adalah ketiga penulis terbaik yang dibentuk sebagai juri dalam menilai Komik Rays
Hal ini telah disampaikan oleh tim penulis ilmu pengetahuan di film Hemo. Pada pertukaran antara tim penilai dan pelaku utama, animasi kembali dipergunakan untuk melukiskan gagasan yang lebih abstrak atau tidak nyata. Sebagai contoh, uranium yang ditampilkan sebagai sebuah gerombolan asing yang jahat. Film ini hadir sebagai contoh yang di rancang dengan luar biasa baik sebagai kesatuan pedoman dalam sebuah sistem visualisasi saat ini.
Film yang ketiga adalah The Unchainned Goddes, kisah tentang wanita yang menggoda tim penulis pengetahuan. Temanya adalah cuaca, dan Film tersebut menjelaskan tentang cara kerja dari peta cuaca, asal dari dingin dan bagaimana perkembangannya, timbulnya angin, cahaya dan fenomena lainnya. Dalam hal ini, animasi kembali memperlihatkan kepeduliannya tentang informasi yang rumit, dengan menggunakan karakter warna seperti good thor untuk sedikit memberikan pelajaran sesuai dengan kenyataan, tetapi dengan sentuhan lucu agar mereka tidak akan pernah bosan.
Frank Capra tidak mengatur dan mencampuradukkan para pendidik, yang serius dalam urusan pelajaran, karena meskipun filmnya kelihatannya menyenangkan, tetapi dipenuhi oleh banyak informasi. Yang lebih penting adalah kenyataan dari ide yang ditampilkan patut dikenang dan dijadikan kebiasaan.

Mengembangkan Cerita
Adalah ide bagus untuk mempunyai buku catatan dan kertas kecil. Maksudnya adalah cukup kecil untuk dapat dimasukkan kedalam kantong anda. Ide tidak datang dengan jadwal, dan sangat disayangkan ketika anda mendapatkan ide yang bagus tetapi tidak ada tempat untuk menuliskan. Jangan menyimpan buku catatan anda didalam koper. Letakkan buku catatan anda ditempat yang dapat diambil sewaktu-waktu di butuhkan.
Unruk pengembalian naskah jam kebersihan. Satu metode paling baik untuk mengembangkan cerita adalah dengan membuat daftar secara rinci. Sebagai contoh, benda apa yang terlintas di pikiran anda apakah steples, bel, jendela, kacamata? Alat apa yang akan kurcaci gunakan untuk menyikat, menimba, mengelap, apa lagi yang lainnya? Tetap lengkapi daftar anda tanpa berhenti untuk mengingatnya. Biarkan pikiran Anda tetap mengalir dengan bebas dan jangan mencoba untuk mengatur nya. menjadilah kreatif sampai Anda kehabisan ide.
Satu hal yang penting adalah dengan mengetahui dengan pasti alat-alat apa saja yang anda perlukan dalam bekerja. Kau mungkin akan berpikir kau mengetahui bagaimana cara membangun perancah, tapi apakah anda yakin? Bagaimana dengan katrol? Jika anda tidak terlalu mengetahui barang-barang yang diperlukan dalam bekerja, mungkin anda akan kehilangan lelucon yang terbaik.
Saya tekankan sekali lagi bahwa hanya otak sebelah kanan saja yang kreatif. Itu tidak bekerja pada saat anda menyebutnya dengan “berfikir”. Itu adalah fungsi dari otak sebelah kiri anda. Sebagai Contoh, setelah anda membuat daftar atau catatan secara acak, anda mungkin berfikir untuk mengurutkannya saja, semua arsitektural di tampilkan secara bersama, dan semua materi kebersihan dikelompokkan. Otak Kiri bekerja untuk membuat perbandingan, sedangkan otak kanan membuat kemungkinan melakukan seperti pekerjaan yang dimaksud. Tetap jaga keseimbangan dari kedua fungsi otak tersebut. Ingat anda tidak dapat berfikir kreatif bersamaan pada saat memikirkan hasil yang kritis.

Mengetik Naskah
Ketika tiba saatnya dalam menulis naskah, perhatiakan ukuran spasi atas dan bawah pada sebuah halaman, dan juga dalam penggunaan huruf besar atau kecil. Cantumkan judul di bagian atas setiap halaman yang sesuai dengan nomor halaman. Semua dialog dan instruksi kamera harus dalam huruf besar untuk memudahkan dalam membaca.
Cantumkan judul diatas halaman sejajar dengan nomor halaman pada setiap lembarnya. Setiap percakapan dan intruksi kamera harus ditulis dengan huruf besar supaya mudah untuk dibaca. Setiap nama karakter yang terlibat pada percakapan diletakkan di atas tiap dialog, meskipun hanya terdiri dari satu kata. (Lihat contoh berikut)
Jangan mencoba untuk menjadi wakil direktur. Kamera harus dalam keadaan terpancar dan pastikan Anda tau apa yang diinginkan. Don’t call for an OVER-SHOULDER SHOT OF THE ENTIRE BRITISH FLEET IN A C.U. ( NGGA NGERTI : ada hub dgn teknik kamera intinya jangan ambil over shoulder shot)
Tetapkanlah penjelasan singkat. Buatlah rincian yang detail seperti pakaian. Jika menunjukkan matahari terbenam, dan waktu tersebut penting pada cerita, ungkapkanlah, namun jangan memuat naskah anda dengan kata-kata yang tidak berguna.
Membuat Anda menetapkan penjelasan singkat. Yang sama adalah benar untuk rincian seperti pakaian. Jika matahari terbenam, dan waktu adalah penting untuk cerita, spell it out, tapi tidak memuat script Anda dengan verbiage.
Secepat mungkin salinlah data naskah anda dan letakkan pada tempat yang aman, sebaiknya tidak di bawah atap yang sama seperti naskah aslinya. Naskah dapat dengan mudah hilang atau dibakar. TE Lawrence meninggalkan naskah aslinya dengan judul “The Seven pillars of Wisdom” di dalam salah satu taksi di London. Naskah tersebut tidah pernah ditemukan dan tanpa ada duplikat dari naskah tersebut. Mungkin dapat terlihat bagus, namun sebaiknya tidak menggunakan bahan permanen pada naskah. Gunakan pembungkus yang tidak perlu lubang pada kertas. Halaman naskah Anda akan menjadi perhatian oleh banyak pembaca dan airmata. Halaman naskah Anda dapat jadi rusak karena kecelakaan, tulisannya dapat di corat coret, halaman berikut dengan barisnya pun dapat dikurangi, renggangkanlah.

TUJUH KURCACI
Putri Salju BERSANDAR, dan Sang Pangeran menatap dengan tatapan MENGGODA

Snow White
SEKARANG, BAGAIMANA MENGENAI TIGA RAHASIA BESAR TERSEBUT?

Pangeran
JADI, INI SEMUA MENGENAI KAMU DENGAN SI NENEK SIHIR —
Mereka KETAKUTAN ketika sang ratu memanggil dari balik layar. Kemudian Sang Pangeran MENUNDUK DIBELAKANG kaca, dan Putri salju mulai MEMBERSIHKAN DEBU TERGESA-GESA.

Ratu
PUTRI SALJU, APAKAH KAMU SUDAH SELESAI?

Putri Salju
IYA BU, SANG RATU SIHIR, SEMUA SUDAH BERSIH.
Sang Ratu MENGGERAKKAN JARINYA menyilang pada kaca dan terluhat PUAS.

Ratu
BAGUS. SEKARANG PERGI DAN BERSIHKAN PERALATAN EMAS DAN PERAK DAN BARANG-BARANG LAINNYA.

Putri Salju
SETELAH ITU BOLEHKAH SAYA PERGI? . . .

Ratu (TERGANGGU)
TIDAK, KAMU TIDAK BOLEH. SETELAH ITU KAMU PERGI KE TEMPAT TIDUR DINGIN KAMU DI LOTENG.

Putri Salju berjalan melewati LAYAR sambil menyeret sapu dengan lemasnya. Sang Ratu MENDONGAKKAN KEPALANYA.

Ratu
SEJUJURNYA, TIDAK TAHU SIAPA LAGI YANG BISA MEMBANTU SAYA BELAKANGAN INI SELAIN ANAK TIRI

FADE OUT (Memudar)
Kita telah mengetahui mengenai penulisannya. Sekarang kita lanjutkan ke fungsi lainnya. Namun, walaupun Anda ingin menjadi penulis untuk pekerjaan memenuhi kehidupan Anda, lakukanlah, pergi dan cari tahu tentang hasil kerja orang lain dalam hierarki animasi staf. Anda akan bekerja lebih baik jika anda mengerti bagaimana mereka menhadapi masalah yang mereka hadapi dalam produksi, terutama jika Anda mencoba untuk menarik dan berpikir tentang berbagai aspek, saya mengajar daripada hanya membaca teks.
Tidak masalah jika Anda tidak pernah terjun kelamnya. Hasilnya mungkin akan kasar, tetapi paling tidak Anda dapat mulai berpikir seperti seorang penulis animator. Tidak ada cara untuk menjadi penulis yang sukses pada bidang ini, kecuali anda dapat membuat dan mengevaluasi cerita dan gags dari sudut pandang grafis.
Gunakan stick figure atau mode gambaran apapun yang anda dapat anda kuasai, namun buatlah sketsa cerita dari apapun yang anda kerjakan pada buku ini.


KESIMPULAN:

  • FILM ANIMASI merupakan jenis film pendek yang dibuat dari gerakan gambar-gambar pendek, seperti gambar hidup dengan aktor maupun artis yang seperti hidup biasanya dalam bentuk kartun dan terdiri dari beberapa karakter.
  • Dibuat oleh seorang penulis animasi (animator) dengan cara menggam-barkan rangkaian cerita yang bergerak mengikuti cerita imajinasi pencipta-nya dengan mengembangkan cerita dan karakter yang ada untuk mem-buat versi animasi tertentu. Seorang penulis profesional untuk animasi harus mampu berfikir secara grafis dan berimajinasi dengan luas disegala bidang. Walaupun sebenarnya penggunaan terbaik dari animasi dengan mempergunakan model karikatur, namun, bukan untuk meniru kehidupan nyata, maka yang menjadi batasan pasti pada eksploitasinya terhadap binatang dan manusia.
  • Ada batasan peraturan (pakem) untuk struktur susunan cerita untuk melengkapi struktur emosi karakter. Karakter yang mudah diingat orang dengan ungkapan khasnya, dilengkapi dengan atribut tertentu, dan penampilan fisik yang familiar menjadi salah satu komponen penting dalam film animasi.
  • Pembuatan Film Animasi, pada walanya Pada awalnya dibuat dari diskusi lisan beberapa orang animator dengan menciptakan ide-ide dari sebuah cerita akan suatu situasi yang diberi lelucon, kemudian digabungkan ke dalam sebuah sketsa untuk sebuah cerita tanpa gambar.
  • Seorang animator diharapkan mampu membuat cerita yang berkesinam-bungan antar sekuen sebelum dan sesudahnya. Serta bebas untuk berimajinasi tentang apa yang ia suka, di dalam cerita tersebut secara berkaitan dan berhubungan dengan tema yang dipilih.
  • Di rumah produksi Disney’s, beberapa penulis mengkhususkan diri pada penulisan lelucon atau humor, sementara penulis yang lain berkonsentrasi membuat situasi humor.
  • Naskah animasi dibuat secara mudah, namun, ketika dituangkan ke sebuah film menjadi rumit. Seringkali deskripsi tertulis dari sebuah lelucon menjadi tidak lucu ketika lelucon tersebut diterjemahkan menjadi animasi.
  • Penulisan sebuah animasi dimulai dari menggambar sketsa kasar dari adegan dan lelucon yang menonjol, kemudian menambahkan gambar demi gambar hingga bisa menjadi gambaran keseluruhan cerita. Kum-pulan gambar ditempel pada dinding agar mudah dilihat dan dihitung, dan jika sewaktu waktu akan dipresentasikan, mudah untuk dipindahkan.
  • Untuk membuat rencana keseluruhan pembuatan film animasi di televisi yang berdurasi hanya 10 detik atau satu setengah jam, mempergunakan storyboard yang harus tetap digambar. Kecuali ada alasan perubahan tempat dan situasi, gambar-lah sketsa-sketsa kasar adegan para karakter dengan menggunakan skema warna.
  • Para animator memulai ceritanya dari sebuah lelucon yang telah di desain di lokasi tertentu, Secara luas, ada dua jenis cerita. Pertama, cerita yang memiliki awal, tengah dan akhir. Kedua, cerita dengan gambar yang berkaitan antar lelucon.
  • Menjadi animator, mulailah berpikir, melihat, dan memahami ide sebagai seorang penulis. Susun ide tersebut dan dipikiran. Biasakan untuk menyimpan lelucon atau tema-tema yang kemungkinan akan berguna untuk ditulis suatu saat nanti.
  • Perpustakaan merupakan suatu tempat yang dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian dalam membuat suatu cerita ketika ide itu mulai muncul.
  • Ide tidak datang dengan jadwal, dan sangat disayangkan ketika datang ide yang bagus tersebut tidak ada tempat untuk menuliskan. Maka. disarankan untuk mempunyai buku catatan dan kertas kecil yang dapat dimasukkan ke dalam kantong jika sewaktu-waktu ide bagus itu muncul. Dan, letakkan buku catatan Anda di tempat yang dapat diambil sewaktu-waktu dibutuhkan.
  • Seorang penulis yang bisa menggambar bahkan yang buruk sekalipun lebih berharga dan bernilai daripada seseorang yang tidak bisa meng-gambar sama sekali. Jadi, berlatihlah menggambar sketsa harian para karakter dengan waktu yang singkat. Tetaplah mencoba.
  • Nilai yang membentuk karakter sangat menarik penonton. Semakin sebuah karakter mendekati kenyataan, semakin penonton merasa ter-hibur. Tetaplah selalu memikirkan struktur kepribadian dari setiap karakter yang dapat berubah terhadap segala situasi.
  • Setiap cerita harus mempunyai nilai berharga. Buat sesuatu yang lucu yang terjadi baik dalam dialog maupun dalam grafik. Jika ceritanya berjalan terlalu panjang tanpa ada humor, perhatian penonton selama tayangan dari awal hingga akhir tidak akan berlangsung lama. Tambahkan detail dan buat lebih bagus agar lucu, caranya membuat sesuatu karakter dengan cara pandang yang berbeda.
  • Untuk menjual cerita Anda diperlukan seorang agen profesional terdaftar yang dapat membantu Anda melakukan penjualan. Jadi, buatlah sebuah resume yang menceritakan latar belakang Anda sebagai seorang penulis.
  • Seorang agen lebih dari sekedar seorang pedagang, mereka juga seorang penasihat dan pembimbing. Jika agen Anda mengingatkan untuk melaku-kan perubahan pada naskah Anda, perhatikan dan ikuti nasihat itu, karena ini akan berguna, walaupun Anda lebih menyukai versi Anda sendiri. Akan lebih bijaksana bila Anda mau melakukan perbaikan dengan menulis ulang cerita dan melakukannya tanpa berkeluh kesah. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan keahlian menulis Anda.
  • Cermati permintaan batas halaman yang diminta oleh penerbitan tempat di mana Anda akan mengirimkan naskahnya. Pastikan bahwa bahan tulisan harus bersih, rapi dan kelihatan profesional. Jangan dilipat atau digulung, berikan sampul tapi jangan stapler halamannya.
  • Jika Anda pernah menjual naskah televisi, film atau pernah bekerja sebagai penulis, Anda dapat bergabung dengan perkumpulan penulis setelah sebelumnya melakukan pendaftaran agar dapat bergabung menjadi anggota. Tetapi jika Anda bukanlah seorang penulis,tidak perlu berkecil hati, satu satunya solusi untuk menangani masalah ini adalah dengan menulis, menulis, dan menulis. Tidak ada salahnya menambah-kan satu jam latihan menulis sketsa pendek durasi lima menit dengan cepat.
  • Seorang sutradara yang ideal bisa membuat animasi, melayout film, menggambar latar belakang atau menulis naskah. Semakin banyak bidang yang Anda mengerti akan semakin baik daripada hanya satu bidang dalam pembuatan film.
  • Untuk dapat terjun di bidang animasi, diperlukan profesionalisme yang tinggi, ketekunan, keseriusan, dan latihan yang menghabiskan waktu dan tenaga.
  • Dapat juga dengan membuat perpustakaan animasi dengan cara mere-kam berbagai kartun seri animasi dan menyimpan film-film tersebut yang sekarang ini tidak pernah tayang lagi.
  • Para penulis yang berambisi harus belajar cara bagaimana karakter-karakter di film animasi bisa bebas berekspresi dan belajar memahami prinsip prinsip yang digunakan dalam teknik penulisan film animasi. Agar dapat berkembang, perbaiki beberapa aspek pada gambar sketsa Anda. Tuliskan beberapa opini atau buat sketsa tentang ide-ide pada buku memo yang dapat Anda pertimbangkan untuk diperbaiki atas apa yang telah Anda pelajari.
  • Salinlah data naskah dan letakkan pada tempat yang aman, sebaiknya tidak di tempat yang sama seperti naskah aslinya. Naskah dapat dengan mudah hilang atau terbakar. Contoh kasus: TE Lawrence meninggalkan naskah aslinya dengan judul “The Seven pillars of Wisdom” di dalam salah satu taksi di London. Naskah tersebut tidak pernah ditemukan dan tanpa ada duplikat dari naskah tersebut.
  • Hasil tulisan naskah menjadi bagian yang sangat penting. Maka, lindungi hasil karya itu. Caranya, salah satunya dengan menggandakannya dan kirimkan ke alamat surat Anda sendiri. Biarkan jangan dibuka, hingga saatnya datang ketika Anda ingin membuktikan bahwa Anda yang menggambar naskahnya pada tanggal yang tertulis.
  • Dalam menciptakan sebuah film yang hidup perlu diawali dengan me-nemukan tampilan gambar yang tepat. Dengan berbagai kemungkinan ini tidak dapat selesai tanpa pengetahuan yang luas. mereka perlu memiliki beberapa sketsa adegan artis, dan diantaranya mereka juga harus me-miliki beberapa ide untuk diwujudkan sebelum cerita tersebut dapat dikembangkan lebih jauh lagi.
  • Jika Anda lihat sebuah film untuk pertama kalinya, Anda merupakan bagian dari pendengar. Untuk kedua kalinya, Anda adalah seorang pe-nulis professional yang memperhatikan orang dan sekelilingnya. Sedang-kan ketiga dan keempat kalinya, Anda akan benar-benar sanggup untuk mengevaluasi struktur pekerjaan. Setelah itu, Anda bisa memulai ber-usaha untuk memikirkan cara terbaik menulis bagian-bagian dari film.
  • Jangan terlalu antusias menceritakan semua, siapa yang akan men-dengarkan beberapa lelucon dari alur cerita yang diusulkan. Apa yang terjadi padamu menceriterakan bagian dari ceritamu, Anda mengeluarkan sebagian dari energi yang memiliki kekuatan batin. Sesaat kemudian, bunyi lelucon-lelucon yang sedikit melelahkan. Jika Anda melanjutkan, mendadak Anda akan merasa bosan. Keinginan untuk mencari pujian-pujian dari keluarga dan para teman sudah menguras enerji. Menantikan pujian sampai Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dan dengan bangga mempertunjukannya. Kemudian Anda akan mendapat pujian. Bahkan di studio, lebih baik membatasi diskusi gambar dengan penulis lainnya.
  • Pendidikan animasi bukan tidak mungkin penuh dengan peluang. Masih ada beberapa. Sesame Street menggunakan banyak animasi pada pro-gram ini, dan ini merupakan salah satu tempat di mana pembuat film yang tidak diketahui bisa didengarkan. Pelajari progarmnya sampai Anda mengerti dengan persayaratanya sebelum mengirimkan storyboard-nya.
  • Pembuat film profesional telah menyerbu akademisi keagamaan, dengan membuka persaingan diantara pendidik dan pembuat film sebagai cara terbaik menggunakan film sebagai alat bantu mengajar.
  • Banyak pendidik merasa bahwa belajar itu adalah usaha serius dan tidak boleh dibawakan dengan cara yang santai. Di sisi lain, ada yang keras diantara pembuat film yang ingin membuat proses pendidikan semudah mungkin, sehingga mereka ingin setiap hal di sajikan dalam bentuk enter-tainmen, keduanya salah tentunya.
  • Satu metode paling baik untuk mengembangkan cerita adalah dengan membuat daftar secara rinci. Tetap lengkapi daftar Anda tanpa berhenti untuk mengingatnya. Biarkan pikiran Anda tetap mengalir dengan bebas dan jangan mencoba untuk mengaturnya untuk menjadi kreatif sampai Anda kehabisan ide.
  • Mengetahui dengan pasti alat-alat apa saja yang Anda perlukan dalam bekerja adalah sebuah hal penting. Sedangkan, jika Anda tidak terlalu mengetahui barang-barang yang diperlukan dalam bekerja, mungkin Anda akan kehilangan lelucon yang terbaik.
  • Hanya otak sebelah kanan saja yang kreatif. Itu tidak bekerja pada saat Anda menyebutnya dengan ‘berpikir’. Karena ‘berpikir’ Itu adalah fungsi dari otak sebelah kiri Anda. Contohnya, setelah Anda membuat daftar atau catatan secara acak, Anda mungkin berpikir untuk mengurutkannya saja, semua arsitektural ditampilkan secara bersama, dan semua materi kebersihan dikelompokkan.
  • Otak kiri bekerja untuk membuat perbandingan, sedangkan otak kanan membuat kemungkinan melakukan seperti pekerjaan yang dimaksud. Tetap jaga keseimbangan dari kedua fungsi otak tersebut. Ingat Anda tidak dapat berpikir kreatif bersamaan pada saat memikirkan hasil yang kritis.
  • Ketika tiba saatnya dalam menulis naskah, perhatiakan ukuran spasi atas dan bawah pada sebuah halaman, dan juga dalam penggunaan huruf besar atau kecil. Cantumkan judul di bagian atas setiap halaman yang sesuai dengan nomor halaman. Semua dialog dan instruksi kamera harus dalam huruf besar untuk memudahkan dalam membaca.
  • Cantumkan judul di atas halaman sejajar dengan nomor halaman pada setiap lembarnya. Setiap percakapan dan intruksi kamera harus ditulis dengan huruf besar supaya mudah untuk dibaca. Setiap nama karakter yang terlibat pada percakapan diletakkan di atas tiap dialog, meskipun hanya terdiri dari satu kata. Lihat contoh berikut:

TUJUH KURCACI
Putri Salju BERSANDAR, dan Sang Pangeran menatap dengan tatapan MENGGODA

Snow White
SEKARANG, BAGAIMANA MENGENAI TIGA RAHASIA BESAR TERSEBUT?

Pangeran
JADI, INI SEMUA MENGENAI KAMU DENGAN SI NENEK SIHIR —
Mereka KETAKUTAN ketika sang ratu memanggil dari balik layar. Kemudian Sang Pangeran MENUNDUK DIBELAKANG kaca, dan Putri salju mulai MEMBERSIHKAN DEBU TERGESA-GESA.

Ratu
PUTRI SALJU, APAKAH KAMU SUDAH SELESAI?

Putri Salju
IYA BU, SANG RATU SIHIR, SEMUA SUDAH BERSIH.
Sang Ratu MENGGERAKKAN JARINYA menyilang pada kaca dan terluhat PUAS.

Ratu
BAGUS. SEKARANG PERGI DAN BERSIHKAN PERALATAN EMAS DAN PERAK DAN BARANG-BARANG LAINNYA.

Putri Salju
SETELAH ITU BOLEHKAH SAYA PERGI? . . .

Ratu (TERGANGGU)
TIDAK, KAMU TIDAK BOLEH. SETELAH ITU KAMU PERGI KE TEMPAT TIDUR DINGIN KAMU DI LOTENG.

Putri Salju berjalan melewati LAYAR sambil menyeret sapu dengan lemasnya. Sang Ratu MENDONGAKKAN KEPALANYA.

Ratu
SEJUJURNYA, TIDAK TAHU SIAPA LAGI YANG BISA MEMBANTU SAYA BELAKANGAN INI SELAIN ANAK TIRI

  • Tetapkanlah penjelasan singkat. Buatlah rincian yang detail seperti pakaian. Jika menunjukkan matahari terbenam, dan waktu tersebut pen-ting pada cerita, ungkapkanlah, namun jangan memuat naskah Anda dengan kata-kata yang tidak berguna.
  • Mungkin dapat terlihat bagus, namun sebaiknya tidak menggunakan bahan permanen pada naskah. Halaman naskah Anda akan menjadi perhatian oleh banyak pembaca dan air mata. Halaman naskah Anda dapat jadi rusak karena kecelakaan, tulisannya dapat di corat-coret, halaman berikut dengan barisnya pun dapat dikurangi, renggangkanlah.
  • Anda akan bekerja lebih baik, jika Anda mengerti bagaimana mereka menghadapi masalah yang mereka hadapi dalam produksi, terutama jika Anda mencoba untuk menarik dan berpikir tentang berbagai aspek.
  • Tidak masalah jika Anda tidak pernah terjun untuk mendalaminya. Hasilnya mungkin akan kasar, tetapi paling tidak Anda dapat mulai berpikir seperti seorang penulis animator. Tidak ada cara untuk menjadi penulis yang sukses pada bidang ini, kecuali Anda dapat membuat dan meng-evaluasi cerita dan gagasan dari sudut pandang grafis.

✷✷✷ ✶✶✶ ★ ★ ★ ✶✶✶ ✷✷✷

%d bloggers like this: